Rabu, 11 Desember 2013

Fuji Xerox DocuPrint M215fw

Fuji Xerox DocuPrint M215fw merupakan salah satu printer laser multifungsi monokrom terbaru dari Fuji Xerox yang belum lama ini diperkenalkan di Indonesia. Printer laser ini akan mulai menggantikan seri sebelumnya yaitu DocuPrint M205fw. Printer laser 4 in 1 yang dilengkapi fitur print, scan, fax, dan copy ini menggunakan processor 300 Mhz dengan memori 128 mb. Meskipun dilengkapi dengan berbagai fitur, namun printer laser ini tidak terlihat terlalu besar dan cocok di tempatkan di berbagai sudut meja di ruangan yang kecil maupun besar. Desainnya pun terlihat simple dan compact dengan balutan warna putih pada sebagian besar body printer dengan warna hitam glossy pada lapisan panel control. Pada bagian atas Fuji Xerox DocuPrint M215fw terdapat ADF (Auto Document Feeder) ADF nya dapat digunakan untuk proses memindai atau scan, fax, serta proses fotocopi yang semakin menambah lengkap fungsi dan performa printer multifungsi ini. Terdapat layar LCD dengan 4 line yang menginformasikan proses yang sedang berlangung di printer dan simple menu system.


Bentuknya yang compact dan resolusi cetaknya yang baik merupakan salah satu hasil dari tekonologi SLED (Self Scanning Light Emite Diode) yang dikembangkan Fuji Xerox. Dengan adanya teknologi tersebut, Fuji Xerox mengklaim kalau mereka telah berhasil membuat sebuah printer yang handal dengan kualitas cetak yang bagus disertai dengan ukuran produk yang kecil. Teknologi ini sedikit berbeda dengan teknologi laser dan konvensional LED. Teknologi ini juga didukung DELICS (Digitally Enhanced Lighting Control Imaging System), yang diklaim memiliki kontrol terintegerasi yang lebih presisi dari semua elemen pemancar cahaya dengan chip berperforma tinggi. Sehingga teknologi ini memberi kemungkinan akan ukuran printer laser yang lebih kompak tanpa mengorbankan kualitas hasil cetak.

Printer multifungsi monokromFuji Xerox DocuPrint M215fw memiliki dimensi 420 x 398 x 365mm dan memiliki berat sekitar 12 kg dengan maksimum duty cycle perbulan hingga 20.000 halaman. Printer ini membutuhkan warm up sekitar 27 detik ketika dinyalakan. Meskipun ukurannya kecil, printer laser ini memiliki tempat kertas yang mampu menampung hingga 250 lembar kertas. Bahkan printer ini pun mampu mencetak kertas berukuran A4 dengan kecepatan mencapai 30 ppm (page per minute) untuk dokumen monokrom. Printer laser ini pun dapat digunakan untuk mencetak dokumen secara wireless dari perangkat smartphone seperti Apple dengan aplikasi Print & Scan Utility App (Small Office) for iOS. Koneksi wireless ethernet-nya (10/100BaseT) pun cukup baik untuk penggunaan komputer jaringan dan penggunaan kelompok kerja bersama dalam kantor.


Printer laser multifungsi monokrom A4 ini membutuhkan warm up sekitar 25 detik ketika dinyalakan. Resolusi cetak Xerox P215b ini yaitu 1200 x 1200 dpi. Meskipun ukurannya kecil, printer laser ini memiliki tempat kertas yang mampu menampung hingga 150 lembar kertas. Bahkan printer ini pun mampu mencetak kertas berukuran A4 dengan kecepatan mencapai 24 ppm (page per minute) dengan draft mode. Fuji Xerox mengklaim bahwa printer ini tidak terlalu banyak diperlukan maintenance khusus, hanya perawatan normal dan memastikan penggantian cartridge toner nya secara berkala dengan yang baru agar performa nya tetap stabil dan lebih awet. Sayangnya printer ini belum dilengkapi fitur auto duplex printing. Printer ini memiliki koneksi USB yang dapat dimanfaatkan untuk USB Direct Printing dan Direct Scanning sehingga dapat melakukan proses kerja langsung melalui USB flash disk tanpa melalui PC dan memindahkan langsung dokumen hasil scan ke usb flash memory.

Fitur scan nya pun semakin membantu para pengguna printer ini. Fitur scan pada Fuji Xerox DocuPrint M215fw memiliki resolusi scan hingga 1200 x 1200 dpi dengan scanner flatbed dan 600 x 600 dpi lewat ADF-nya, dengan kecepatan memindai hiingga 12 halaman memindai dokumen. Scan dapat dilakukan dengan ADF (Auto Document Feeder) atau langsung ke scanner flatbed-nya dengan area scannya maksimal ukuran kertas A4 dengan scanner jenis flatbed dan kertas ukuran folio dengan ADF yang dimiliki. Fungsi scanner bisa dioperasikan dari PC maupun langsung melalui panel depan. Hasil scan juga bisa langsung dikirim melalui e-mail tanpa harus melampirkan hasil scan tersebut.


Printer laser monokrom multifungsi ini, juga dilengkapi fitur copier dengan kecepatan meng-copy hingga 30 cpm (copy per minute) dan 20 cpm (by ADF) dengan resolusi maksimal hingga 600 x 300 dpi. Maksimum mode copy nya dalam sekali perintah copy, mampu meng-copy sampai dengan 99 halaman. Proses copy dapat dilakukan melalui ADF atau pada scanner flatbed nya. Dengan ADF akan membantu untuk mencopy atau scan kertas berukuran legal, folio, atau F4.

Fungsi faxnya pun tidak terlalu mengecewakan. Dengan Super G3 Technology, perangkat fax printer Fuji Xerox DocuPrint M215fw ini mampu mencapai kecepatan color fax hingga 33,6 kbps dan dapat mengirim fax dengan kertas ukuran A4 hanya sekitar 3-5 detik. Resolusi cetak mode fax mampu hingga 400 x 400 dpi. Printer ini juga bisa mengirim faksmili secara langsung dari PC (Direct Fax) tanpa perangkat lunak khusus.

Printer ini juga telah dilengkapi dengan teknologi konservasi lingkungan terkini untuk mengurangi kerusakan ligkungan dan menghemat energi. Semua model juga dilengkapi dengan Toner Hemat Energi yang dikembangkan oleh Fuji Xerox. Toner EA-Eco telah dirancang untuk meleleh pada temperatur yang rendah dibandingkan dengan alat terdahulu, yang berarti printer menggunakan panas lebih sedikit dan lebih hemat listrik. Toner ini diklaim dapat mengurangi emisi karbondioksida sebesar 35 persen.



Printer yang dibanderol dengan harga resmi 2 jutaan rupiah ini, menggunakan cartridge toner  berukuran lebih kecil pada umumnya dan menawarkan penghematan energi yang cukup signifikan, serta diklaim lebih ramah lingkungan. Toner tersebut diklaim mampu mengurangi emisi karbondioksida hingga 35% selama proses produksi dan hingga 25% selama proses pencetakan. Cartridge toner standarnya memiliki kapasitas hingga 1000 halaman. Terdapat pula toner high yield untuk seri printer ini dengan kapasitas 2.200 halaman (coverage 5% area cetak). Semua itu kembali kepada kebutuhan cetak dan kemampuan masing-masing pihak. Bagi yang berminat bisa memesan printer Fuji Xerox ini di outlet-outlet Aston Printer terdekat di kota Anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar