Jumat, 15 Februari 2013

Brother HL-5340D Review

Brother HL-5340D merupakan salah satu produk printer unggulan Brother di kelas entry level printer laser monokrom. Printer ini mengutamakan kualitas dan efisiensi, dimana memiliki kecepatan tinggi dan duty cycle tinggi dalam mencetak. Bentuk printer yang tidak terlalu besar, namun memiliki kualitas cetak cepat untuk penggunaan di kelas SMB (Small-Medium Business). Desain fisiknya yang compact & simple , membuat printer ini mudah di tempatkan diberbagai sudut ruangan kantor atau rumah Anda. Control panelnya terletakd di bagian atas printer dan terlihat sangat sederhana. Terdapat lampu indikator LED pada bagian atas printer ini. Dengan processor 300 Mhz dan berat printer 9,6 kg, HL-5340D memiliki ukuran dimensi fisik 371 x 384 x 246 mm. Duty cycle nya mampu hingga 30.000 halaman perbulan.
Brother HL-5340D mampu mencetak selama 8,5 detik untuk cetakan pertama sejak printer ini dinyalakan. Printer yang diluncurkan di Indonesia pada tahun 2011 ini, mampu mencetak dengan kecepatan hingga 30 ppm atau sebanyak 30 halaman per menit dengan resolusi mencapai 2400 x 600 dpi berkat teknologi Elektrophotographic Laser technology dengan mode pencetakan monokrom kertas A4.  Fitur pencetakan dua sisi kertas sekaligus (auto duplex) tidak lupa dibenamkan dalam printer laser ini. Dengan fitur auto duplex printing, Brother mengklaim dapat mencetak hingga 13 sisi sekaligus dalam satu menit. Printer Brother HL-5340D memiliki paper tray dengan kapasitas maksimal hingga 250 lembar kertas dan terdapat optional paper tray yang dijual terpisah dengan kapasitas 250 lembar kertas. 

Salah satu perbedaan printer laser Brother dengan printer laser lainnya adalah pada cartridge tonernya dan drum unit yang terpisah letaknya dan dijual nya pun terpisah. Brother HL-5340D menggunakan cartridge toner seri TN-3250, sedangkan drum unitnya menggunakan seri DR-3215. Penggunaan tonernya mampu mencapai 3.000 halaman per toner cartridge. Sedangkan drum unitnya mampu bertahan hingga 25.000 halaman. Brother HL-5340D dapat menggunakan toner cartridge dari ORIMAX yaitu ORIMAX MX-TN3250 dengan standar page yield hingga 3.000 pages. ORIMAX dapat mendukung penuh performa prima Brother HL-5340D dengan hasil cetak yang tajam dengan tingkat kepekatan/density yang tinggi.   

 
Saat melakukan pencetakkan, printer ini tidak mengeluarkan suara yang mengganggu, bahkan kemudahan pengoperasian menjadikan faktor utama dalam mengedepankan fungsi sebagai alat cetak. User dapat menaruh cukup banyak kertas, hingga 250 lembar, sehingga memudahkan pencetakkan dalam jumlah yang tidak sedikit. Printer ini juga memiliki fitur Energy Star sehingga cukup hemat daya. Printer ini cocok digunakan untuk small dan medium enterprise, UKM,  serta instansi yang memiliki kebutuhan cukup tinggi dalam mencetak dokumen monokrom. Meski tergolong cukup berat, printer ini masih terlihat compact ukurannya di jajaran printer laser di kelasnya. Sehingga masih cocok ditempatkan di berbagai sudut ruangan kantor yang kecil maupun besar. Semua kembali kepada kebutuhan cetak masing-masing user.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar