Selasa, 06 Mei 2014

Epson L555



Epson Indonesia belum lama ini memperkenalkan beberapa printer inkjet terbarunya untuk pasar printer di Indonesia akhir bulan yang lalu. Salah satunya adalah varian dari printer Epson L Series yaitu printer Epson L555 yang merupakan printer inkjet warna multifungsi A4. Printer dengan dimensi fisik 474 x 377 x 226 mm ini memiliki berat 6,2 kg. Desain fisiknya sama persis dengan Epson L550 yang cukup simple & elegan, dengan body berwarna hitam menjadi pencitraan sendiri bagi printer ini. Sebagai salah satu seri dari printer inkjet Epson L Series, Epson L555 merupakan sebuah perangkat multifungsi yang menyatukan fungsi print, scan, copy, dan fax dalam sebuah perangkat printer. Epson L555 yang merupakan penerus Epson L550 juga dilengkapi CISS (Continues Ink Supply System) dengan ink tank infus original Epson yang menempel dibagian samping printer Epson yang sudah menjadi ciri khas Epson L Series.


Sekilas hampir tak ada perbedaan antara Epson L555 dan Epson L550, namun sebenernya ada sedikit perbedaan, yaitu terdapat fitur wireless printing dengan sistem wifi  IEEE 802.11b/g/n or IEEE 802.11b/g pada Epson L555 sedangkan pada Epson L550 masih memanfaatkan sistem ethernet 10Base-T/100Base-TX untuk wireless printing-nya. Selain itu terdapat tambahan dua botol tinta black bawaan pada paket penjualan Epson L555 sehingga terdapat 6 buah tinta bawaan pada paket penjualan secara resmi Epson L555.

Dengan desain yang compact dan simple yang menjadi ciri khas Epson L series, printer multifungsi ini memiliki tombol control panel yang cukup unik letaknya. Terdapat layar LCD two line pada bagian panel control printer ini. Tombol power dan beberapa tombol lain terletak di tengah di bagian depan printer. Tombol ini merupakan tombol power, dan one push button untuk proses scan & copy untuk memudahkan user dalam penggunaannya. Terdapat pula jajaran tombol numerik karena printer ini sudah dilengkapi fitur fax. Panel controlnya dapat diangkat sedikit untuk memudahkan penggunanya dan membuatnya terlihat lebih canggih. Tempat kertas Epson L555 mampu menampung hingga 100 lembar kertas A4 75 gram sedangkan untuk kertas photo glossy mampu menampung hingga 20 lembar kertas glossy ukuran A4. Terdapat ADF (Auto Document Feeder) pada bagian atas printer dengan kapasitas hingga 30 lembar kertas, namun hanya bisa digunakan untuk kertas ukuran ketebalan 75 - 95 gram.


Printer inkjet multifungsi Epson L555 memiliki kecepatan cetak hingga 33 ppm (page per minute) untuk cetak dengan draft mode black dan untuk cetak berwarna A4 dengan draft mode mampu mencapai 15 ppm. Sedangkan untuk mencetak foto berukuran 4R printer ini membutuhkan waktu 69 detik dengan default mode dan 27 detik dengan photo draft mode. CISS original Epson pada printer ini masih menggunakan 4 warna standar CMYK. Kualitas cetak yang dimiliki adalah sebesar 5760 x 1440 dpi (with Variable-Sized Droplet Technology) sebagai pendukung tingkat hasil cetak yang maksimal epson memberikan teknologi Micro Piezo sebagai head print dalam mesin printer inkjet ini.

Epson L555 dilengkapi fitur colour copier yang mampu mengcopy dengan kecepatan hingga 26 copy per menit untuk monokrom dan 24 copy per menit untuk dokumen colour dengan setelan fast mode pada kertas A4. Resolusinya mampu mencapai 1200 x 1200 dpi. Fitur fax pada seri printer ini juga bisa membantu user untuk mengirim dan menerima fax yang terhubung dengan sambungan telepon. Kecepatan faks (data transfer rate):  sampai 33.6kbps. Kecepatan transmisi faks: sekitar 3 detik / lembar. Resolusi faks:  200 x 100 dpi (standar), 200 x 200 dpi (fine dan photo) untuk monokrom maupun warna. Untuk fitur scannya, printer ini memiliki colour scanner dengan resolusi 1200 x 2400 dpi. Dengan scanner tipe Flatbed colour image scanner, area scan yang mampu dicapai yaitu 216 x 297mm (8.5 x 11.7").  Kecepatan scan bervariasi tergantung pada file yang di-scan. Scan juga bisa dilakukan melalui ADF (Auto Document Feeder) yang dimiliki printer inkjet ini dan bisa digunakan untuk scan kertas ukuran folio dengan ketebalan maksimal ukuran 95 gram.


Dengan printer Epson L555 berbagai kebutuhan cetak, copy, scan, & fax yang biasanya diperlukan oleh kalangan profesional bisa dilakukan dalam satu perangkat elektronik ini. Printer ini juga bisa terhubung dengan aplikasi Epson iPrint (untuk perangkat mobile dari Apple dan Android) yang memungkinkan pencetakan foto, halaman web, dan dokumen, secara nirkabel ke Epson L555 dengan koneksi Wi-Fi nya. Untuk menghindari tumpah atau tercecernya cairan tinta, disertakan kenob pengunci seperti halnya printer Epson L550. Fasilitas ini berguna untuk mengamankan tinta saat printer akan dipindahkan atau dibawa pergi.

Epson L555 yang dibanderol dengan harga hampir empat juta juta rupiah ini ditujukan untuk para pelaku bisnis, UKM (usaha kecil dan menengah) dan instansi atau perusahaan yang memiliki produktifitas dan kebutuhan cetak lebih tinggi dibandingkan penggunaan rumahan, meskipun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan pengguna rumahan. Tunggu kehadiran Epson L555 di outlet-outlet Aston Printer terdekat di kota Anda. Karena printer ini masih relatif baru. Untuk seri Epson L Series lainnya bisa Anda dapatkan pula di Aston Printer. Jangan ragu untuk bertanya kepada customer service kami untuk printer yang cocok dengan kebutuhan dan budget Anda. Aston Printer  : Selalu Memberikan Yang Terbaik.

2 komentar:

  1. Saya punya epson L555, kenapa lampu laser scan (yang berwana hijau) hidup berkedip2 terus ya, padahal saya belum memulai scan.. mohon pencerahannya. Terima kasih

    BalasHapus