Minggu, 11 Mei 2014

Epson L1300


Epson L1300 merupakan salah satu printer baru dari Epson yang mampu mencetak dengan media kertas sampai ukuran A3+ yang belum lama ini diluncurkan di Indonesia. Melihat bentuk dan fungsinya, printer ini merupakan pengembangan dari Epson Stylus Office T1100 namun dengan tambahan sistem infus original bawaan Epson dan warna body printer yang diubah menjadi warna hitam. Epson L1300 dihadirkan untuk melengkapi keluarga Epson L Series di kelas printer inkjet A3 bersama Epson L1800 guna memenuhi kebutuhan cetak untuk beragam ukuran dengan kualitas prima untuk berbagai kebutuhan kantor, arsitek, dan desainer, meskipun tidak menutup kemungkinan pengguna rumahan pun dapat menggunakannya. Epson L1300 memiliki kemampuan mencetak, mulai ukuran 4R (10,2x15,2 cm) hingga A3+ (32,9x48,3 cm), dengan kualitas cetak yang cukup mumpuni. Epson mengklaim bahwa printer A3 ini mampu mencetak poster, layout denah, grafik, dan diagram atau tabel besar pada ukuran kertas A3, sama baiknya dengan mencetak pada kertas berukuran lebih kecil.


Printer dengan berat 12,2 kg ini, memiliki dimensi fisik 705 x 322 x 215mm. Desain body printernya sangat mirip dengan Epson Stylus Office T1100 dan terlihat cukup menghabiskan tempat di meja untuk printer yang berfungsi hanya untuk mencetak ini. Namun masih cukup bisa dimaklumi karena ini printer inkjet A3. Epson L1300 mampu mencetak hingga resolusi 5760 x 1440 dpi berkat teknologi pencetakan bersistem tetesan tinta berukuran variabel (Variable-Sized Droplet/VSDT) yang tertanam di dalam teknologi print head Epson Micro Piezo. Metode ini digunakan untuk mendapatkan hasil gradasi gambar yang sangat halus, baik untuk dokumen, foto hitam putih maupun berwarna.

Pada acara peluncuran printer ini akhir bulan lalu, Epson juga langsung memamerkan kehebatan printer Epson L1300 di hadapan awak media guna memecahkan rekor dalam mencetak dokumen. Awalnya, Epson menargetkan L1300 mampu mencetak hingga 16.000 lembar. Dan ternyata saat dipamerkan, L1300 masih terus mencetak hingga 17.300 lembar lebih. Proses ini masih terus berjalan meski acara telah selesai. Proses cetak ini sudah berlangsung selama seminggu dan baru menggunakan dua set tangki tinta original Epson. Keunggulan ini hendak menegaskan bahwa printer Epson L1300 mempu bekerja maksimal secara non-stop tanpa hambatan dan tetap menghasilkan kualitas prima. Atas prestasi tersebut, akhirnya Epson L1300 berhasil mencatatkan rekor sebagai “Printer Inkjet A3 Mencetak Terbanyak”.


Dalam pengoperasiannya, Epson L1300 memakai sistem tinta 4 warna standar, yaitu cyan, magenta, yellow, dan black. Namun pada sistem infus atau CISS bawaan Epson terdapat ink tank 5 warna. Dua ink tank digunakan untuk menampung tinta black, dan sisanya masing-masing cyan, magenta, dan yellow. Epson mengklaim bahwa penggunaan sistem 2 ink tank hitam ini akan memudahkan penggantian atau isi ulang bila salah satunya habis. Tinta hitam yang pertama digunakan untuk mencetak dokumen berbasis teks sedangkan tinta satunya tergabung dalam warna cyan, magenta dan yellow yang khusus untuk mencetak dokumen warna hingga foto.

Epson L1300 cukup cepat saat mencetak dokumen monokrom. Mampu mencetak file monokrom dengan kecepatan hingga 30 ppm dan 17 ppm untuk dokumen warna dengan media kertas A4 (draft mode). Sedangkan untuk mencetak photo warna berukuran 10x15cm / 4x6inch/4R printer ini membutuhkan waktu sekitar 31 detik perlembar (draft mode) dan sekitar 83 detik untuk kualitas photo default atau standard. Untuk mencetak photo di media kertas A3 tentu saja akan lebih memakan waktu, tergantung pada warna dan kualitas cetak yang bisa diatur dengan software bawaan printer A3 ini. Konsumsi listriknya hanya sekitar 30 watt ketika proses printing, dan 1,6 watt pada sleep mode.  


Printer dengan bandrol harga hampir enam juta rupiah ini memang menawarkan fleksibiltas dan kemudahan cetak foto berukuran A4 hingga dokumen berukuran maksimal A3+. Kemampuannya ini membuatnya sesuai bagi penggunaan usaha kecil menengah, dalam pencetakan yang beragam maupun para professional dan kantoran yang sering membutuhkan pencetakan dengan media kertas A3. Seri ini memang ditujukan untuk penggunaan para profesional namun tidak menutup kemungkinan bisa juga dipakai untuk menangani kebutuhan personal atau rumahan. Jika sudah tersedia, Anda bisa memesan printer inkjet A3 Epson L1300 di outlet-outlet Aston Printer terdekat di kota Anda. Aston Printer : Selalu Memberikan Yang Terbaik. 

4 komentar:

  1. Reseter minta code, bagaimana cara nya

    BalasHapus
  2. cm ribet tiap mw reset hrs d gotong k service center, mudah2n ada yg berbaik hati mw berbagi dg kita. Amin !

    BalasHapus
  3. maju teruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuus

    BalasHapus