Jumat, 17 Januari 2014

Canon Pixma Pro-100 : Printer A3 Dengan 8 Cartridge

Printer Canon Pixma Pro-100 diperkenalkan tahun lalu di tanah air. Printer ini merupakan printer yang memang dibuat khusus untuk mencetak. Dengan desain body yang compact dan elegan, printer ini terlihat cukup besar untuk ukuran printer inkjet. Namun bisa dimaklumi karena media kertas mampu hingga ukuran A3 + dengan menggunakan jumlah individual cartridge yang banyak. Dengan ukuran dimensi fisik 689 x 385 x 215mm, printer inkjet ini memiliki berat 19,7 kg. Terdapat Direct Disc Print Tray pada bagian depan printer yang dapat dipasang dan dilepas untuk mencetak langsung di atas media kepingan CD atau DVD. Canon memproduksi printer terbaru ini yang masuk kategori Pro-series untuk membantu para fotografer profesional dalam mencetak foto. Berlabel Canon Pixma Pro-100, printer ini menempati posisi paling bawah pada kelas printer premium Canon Pixma Pro-series yang beredar di Indonesia. Printer ini merupakan seri penerus printer Canon Pixma Pro 9000 Mark II yang populer di kalangan fotografer.  


Canon memang membuat printer ini untuk konsumen khusus mereka terutama para fotografer yang ingin mencetak hasil foto mereka sendiri dengan hasil yang maksimal. Apalagi kini  banyak fotografer bermunculan dengan hasil karyanya yang memukau dan adanya tingkat kebutuhan akan hasil cetak foto yang benar-banar berkualitas. Dibuat sebagai printer kelas profesional, Canon Pixma Pro-100 telah dibekali dengan dye ink high quality dan ChromaLife100+ technology. Canon mengklaim bahwa tinta printer tersebut mampu mencetak foto dengan kecepatan tinggi dan memiliki durabilitas yang lebih baik dari tinta biasanya. Yang paling menarik perhatiannya adalah Canon Pixma Pro-100 dipersenjatai dengan kombinasi 8 tinta dengan individual cartridge yang terdiri dari Cartridge Canon CLI-42 Yellow / Magenta / Cyan / Photo Magenta / Photo Cyan / Black / Gray/ Light Gray. Cartridge-cartridge individual ini terletak berkumpul sejajar di dalam printer seperti printer inkjet pada umumnya. Berbeda dengan Canon PIXMA Pro-1yang menggunakan 12 cartridge di kanan depan dan kiri depan printer dengan masing-masing 6 ink cartridge di kedua sisi tersebut.

Dengan FINE (Full-Photolithographic Inkjet Nozzle Engineering) technology, resolusi cetaknya mampu mencapai resolusi hingga 4800 x 2400 dpi. Dan dengan teknologi Chroma Optimizer akan membuat hasil cetak lebih tajam, efek glossy yang lebih baik, dan foto lebih tahan lama. Setiap slot tinta Pixma Pro-100 diberi label dengan jelas, selalu ada tombol diatas masing-masing slot untuk memudahkan melepas cartridge tinta ketika ingin menggantinya. Ketika ada salah satu cartridge kehabisan tinta, printer akan mendeteksi otomatis dan mengirimkan pemberitahuan melalui lampu berwarna merah yang berkedip di atas cartridge yang kehabisan tinta.


Untuk mencetak foto berukuran A3+, printer Pixma Pro 100 dapat mencetak foto berwarna ukuran A3+ dalam waktu 1 menit 30 detik, dan foto hitam putih A3+ selama 2 menit 55 detik. Terdapat Direct Print Port via PictBridge di bagian depan printer yang dapat membantu mencetak langsung dari smartphone ataupun kamera digital terutama dengan camera Canon yang terkenal dengan EOS Seriesnya. Printer ini pun dilengkapi konektifitas wi fi yang cukup baik untuk pencetakan secara wireless maupun mobile printing  dari laptop, tablet, smartphone android dan IOS device, maupun kamera ber-wi-fi. Koneksi ethernet nya juga mendukung untuk penggunaan bersama dalam sebuah kelompok kecil jaringan komputerisasi.

Printer inkjet A3 Canon Pixma Pro-100 juga dirancang untuk menangani kertas tebal yang berat dengan ukuran maksimal kertas 300 gram sehingga pengguna printer dapat lebih nyaman melakukan cetak gambar pada kertas tebal. Dengan sistem tinta yang ada, Canon mengklaim bahwa Pixma Pro-100 mampu mencetak foto dengan reproduksi warna yang sangat akurat. Hasil cetak printer ini cenderung berkilau sehingga cocok digunakan untuk mencetak gambar di kertas berkarakter glossy. Printer ini mampu menangani media kertas ukuran A3+, A3, A4, Letter, 36 x 43cm, 25 x 30cm, 20 x 25cm, 13 x 18cm, dan 10 x 15cm. Printer ini memiliki papar tray yang mampu menampung hingga 150 lembar kertas. Paper feed nya ada 2 arah, yaitu secara default dari atas dan secara manual dari belakang printer.


Berbagai software bawaan juga bisa dimanfaatkan untuk management file dan juga editing gambar dengan mudah seperti Easy-PhotoPrint EX with HD Movie Print , Easy-PhotoPrint Pro, Solution Menu EX,  dan lain-lain yang akan membantu user dalam penggunaan Canon Pixma Pro-100. Printer ini dibanderol dengan harga hampir lima juta rupiah dan masih dijual secara terbatas dengan sistem indent atau pemesanan. Bagi Anda fotografer sejati cocok untuk menggunakan printer ini, namun tidak menutup kemungkinan bagi para konsumen rumahan yang ingin mencoba menggunakan printer photo di kelas premium ini. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar