Rabu, 10 April 2013

HP Laserjet Pro 400 MFP M425DN Review

HP Laserjet Pro 400 MFP M425dn merupakan salah satu produk printer unggulan HP di kelas printer laser multifungsi monokrom. Printer ini mengutamakan kualitas dan efisiensi, dimana memiliki kecepatan tinggi dan duty cycle tinggi dalam mencetak. Bentuk printer yang tidak terlalu besar untuk sebuah printer laser multifungsi, namun memiliki kualitas cetak cepat untuk penggunaan di kelas SMB (Small-Medium Business). Desain fisiknya yang compact & simple, serta balutan bodi printer berwarna hitam, membuat printer ini mudah di tempatkan diberbagai sudut ruangan kerja di kantor. Printer laser yang dilengkapi fitur print, scan, fax, dan copy ini menggunakan memori 256 mb dengan processor 800 Mhz. Terdapat LCD berukuran 3,5” touchscreen pada bagian atas printer ntuk multiple documents yang mampu menampung 50 lembar kertas. Terdapat ADF (Auto Document Feeder) pada bagian atas printer. Dengan berat printer sekitar 15 kg, HP Laserjet Pro 400 MFP M425dn memiliki ukuran dimensi fisik 439,9 x 382,7 x 423,5 mm. Duty cycle nya mampu hingga 50.000 halaman perbulan, meskipun HP hanya merekomendasikan untuk penggunaan 3000 halaman perbulan.


Fungsi cetak pada HP Laserjet Pro 400 MFP M425dn mampu mencetak kertas dengan format black & white atau monokrom dengan kecepatan hingga 35 halaman per menit dengan mode kertas A4. Dengan resolusi cetak up to 1200 x 1200 dpi berkat teknologi HP FastRest 1200. Hasil cetaknya sangat tajam untuk teks dan karena ini printer laser, hasil cetakannya akan bertahan sangat lama. Printer ini pun sudah didukung fitur auto duplex printing agar bisa mencetak dua sisi kertas sekaligus. Printer ini dilengkapi dengan konektifitas 10/100/1000 Ethernet Gigabit sehingga mempermudah pencetakan wireless dari jaringan computer kantor maupun untuk pencetakan dari smartphone dan iphone dengan fitur HP Eprint dan Apple AirPrint™ .

Saat melakukan pencetakkan, printer HP Laserjet Pro 400 MFP M425dn tidak mengeluarkan suara yang mengganggu, bahkan kemudahan pengoperasian menjadikan faktor utama dalam mengedepankan fungsi sebagai alat cetak. User dapat menaruh cukup banyak kertas, hingga 250 lembar, sehingga memudahkan pencetakkan dalam jumlah yang tidak sedikit. Terdapat paper tray tambahan yang mampu menampung hingga 500 lembar kertas yang dijual terpisah. Dengan USB port dibagian depan akan mempermudah konektifitas dengan printer laser monokrom ini. Printer ini sudah dilengkapi HP Smart Install, sehingga user tidak memerlukan CD instalasi untuk menggunakan printer ini.

Fitur scan nya pun semakin membantu para pengguna printer ini. Fitur scan pada HP HP Laserjet Pro 400 MFP M425dn memiliki resolusi scan hingga 1200 x 1200 dpi, dengan kecepatan memindai sekitar 15 detik per halaman atau untuk file black & white serta sekitar 3 halaman per menit untuk memindai file colour atau berwarna. Scan dapat dilakukan dengan ADF (Auto Document Feeder) atau langsung ke scanner flatbed-nya dengan area scannya maksimal ukuran kertas A4 dengan scanner jenis flatbed dan kertas ukuran folio dengan ADF yang dimiliki.

Printer laser multifungsi ini, juga dilengkapi fitur copy monokrom dengan kecepatan meng-copy hingga 30 cpm (copy per minute) dengan resolusi hingga 600 x 600 dpi. Maksimum mode copy nya dalam sekali perintah copy, mampu meng-copy sampai dengan 99 halaman. Fitur faxnya pun tidak terlalu mengecewakan. Dengan Super G3 Technology, perangkat fax printer HP Laserjet Pro 400 MFP M425dn ini mampu mencapai kecepatan fax monokrom hingga 33,6 kbps dan dapat mengirim fax dengan kertas ukuran A4 hanya sekitar 3-5 detik.



HP Laserjet Pro 400 MFP M425dn menggunakan cartridge toner seri 280A. Printer laser monokrom ini dapat menggunakan cartridge toner siap pakai ORIMAX MX-CF280 dengan dua varian yaitu ORIMAX MX-CF280A dengan page yield 2.700 halaman dan ORIMAX MX-CF280X dengan page yield 6.900 halaman untuk user dengan kebutuhan cetak yang lebih tinggi. Printer dengan harga resmi sekitar lima jutaan ini juga memiliki fitur Energy Star sehingga cukup hemat daya. Printer ini cocok digunakan untuk small dan medium enterprise, UKM,  serta instansi yang memiliki kebutuhan cukup tinggi dalam mencetak dokumen monokrom. Meski tergolong cukup berat, printer ini masih terlihat compact ukurannya di jajaran printer laser di kelasnya. Sehingga masih cocok ditempatkan di berbagai sudut ruangan kantor yang kecil maupun besar. Semua kembali kepada kebutuhan cetak masing-masing user.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar